MAKALAH
KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI
DOSEN
PENGAJAR
DISUSUN OLEH
Nama : Marwazi
NIM :
Kelas : TI 1.2
JURUSAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER
POLITEKNIK
NEGERI LHOKSEUMAWE
TAHUN AJARAN
2017-2018
KATA
PENGANTAR
Bismillahirahmanirrahim
Puji dan syukur mari sama-sama kita panjatkan atas kehadirat Allah Swt,
karena rahmat dan karunia-Nya penulis masih diberi kesempatan untuk
menyelesaikan makalah ini.
Selanjutnya shalawat beriring salam selalu kita
sampaikan kepada baginda Nabi Munammad SAW yang telah membawa manusia dari alam
kebodohan hingga ke alam yang penuh pengetahuan seperti yang kita rasakan saat
ini. Sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul KONSEP TEKNOLOGI
INFORMASI. Adapun disusun makalah ini untuk menyelesaikan tugas mata kuliah KONSEP
TEKNOLOGI INFORMASI.
Tidak lupa penulis ucapkan terima kasih kepada dosen
pengajar bapak Husaini ST, M.KOM dan juga kepada teman-teman yang telah membagi
ilmu dan dukungan dalam menyusun makalah ini. Penulis mengakui dalam menulis
makalah ini banyak terdapat kekurangan. Oleh sebab itu penulis sangat
mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Semoga dengan selesai makalah ini
dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman.
Demikian yang dapat saya sampaikan dalam makalah ini,
jika ada kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan, sekian dan termakasih.
Lhokseumawe, 14 November
2018
Daftar Isi
Kata Pengantar_______________________________________________________ ii
Daftar
Isi______________________________________________________________ iii
BAB I
A.
SOFTWARE
__________________________________________________________ 1
B.
HARDWARE
__________________________________________________________ 6
C.
BRAINWARE
__________________________________________________________ 10
BAB II
I. Daftar Pustaka________________________________________________________
11
BAB I
Pembahasan
A.SOFTWARE
1.
PENGERTIAN SOFTWARE
Software disebut dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan
beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan
pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk
menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh
komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau
instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu
susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang
disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada
software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi,
program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang
ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
Kebanyakan masyarakat saat ini membagi komputer menjadi dua
bagian . Bagian pertama adalah hardware yang merupakan perangkat fisik yang ada
di dalam komputer. Dan bagian yang kedua adalah software komputer, yang
memberitahukan hardware mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana
melakukannya. Apabila diibaratkan bahwa komputer adalah makhluk hidup, maka
hardware adalah tubuhnya seperti mata untuk melihat, paru-paru untuk bernapas
dan bagian tubuh lainnya, sedangkan perangkat lunak atau software diibaratkan
sebagai kepintarannya, seperti memproses gambar yang dilihat mata,
memerintahkan tangan untuk mengangkat objek, dan memaksa tubuh untuk menarik
nafas dengan menggunakan paru-paru.
Hardware Komputer, menjadi bagian dari mesin, dan hanya
mengerti dua konsep dasar yaitu menyala (on) dan mati (off), konsep on dan off
tersebut dinamakan binary. Software komputer dikembangkan agar binary dapat
menjadi jalan untuk memberitahukan computer hardware dalam melakukan tugasnya.
Software Komputer menterjemahkan dan mengarahkan pengguna komputer agar
mengerti mengenai apa yang dapat dilakukan oleh komputer hardware.
Sebagian besar dari software komputer dibuat oleh programmer
dengan menggunakan bahasa pemrograman. Programer menuliskan perintah dalam
bahasa pemrograman seperti layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada
umumnya dalam melakukan perbincangan. Perintah-perintah tersebut dinamakan
“Source Code”. Program komputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada
source code, dan kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat
dimengerti oleh komputer. Dan hasilnya dinamakan program executable (EXE).
Software komputer dibagi menjadi dua kategori utama yaitu
sistem software dan software aplikasi. Sistem software menyajikan program yang
dapat mengijinkan hardware berjalan dengan semestinya. Software aplikasi
menyediakan program yang mengijinkan pengguna untuk melakukan sesuatu disamping
menjalankan hardware.
A. Jenis software
Secara tak sadar, ketika kita menggunakan komputer, sebenarnya
kita telah menggunakan software. Apakah sebenarnya software itu? Software atau
perangkat lunak adalah semua program yang digunakan untuk menjalankan komputer
atau perangkat lainnya. Secara umum, ada dua jenis software. Pertama adalah
software aplikasi. Software aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan
atau kepentingan spesifik, contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp untuk
memutar file audio, dan sebagainya. Kedua adalah software sistem. Software
sistem adalah software yang menjadi tempat semua software aplikasi berjalan .
Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya.
Menurut cara memperolehnya, software dapat dibedakan menjadi
beberapa jenis. Jenis pertama adalah freeware. Software yang bersifat freeware
dapat digunakan tanpa biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta
pengguna. Maksudnya, meskipun kita menggunakan freeware tersebut kita tidak
boleh melanggar hak cipta atas software tersebut, misalnya penggandaan untuk
orang lain atau menggunakan software tersebut untuk kepentingan lain. Biasanya
freeware didistribusikan tanpa disertai dengan kode program yang bersangkutan.
Lalu jika kita tidak perlu membayar, apa tujuan si pembuat freeware? Tujuan
yang jelas adalah untuk promosi. Baik itu promosi diri sendiri
(untuk programmer perorangan) ataupun promosi produk (untuk developer kelas
kakap). Tujuan lain yang mungkin adalah untuk mendapatkan masukan dari pengguna
dan ada pula (walaupun jarang ditemui) yang bertujuan untuk membobol sistem
seseorang. Beberapa contoh freeware adalah Paint.net, Rocket Dock, Ccleaner,
dan masih banyak lagi.
Jenis yang kedua adalah shareware. Shareware adalah software
yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka
waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan
menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak
menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada shareware diberi batasan
fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli softwarenya. Seperti
freeware, shareware masih dibatasi oleh hak cipta. Tujuan pembuatan shareware
cukup jelas, yaitu memberikan contoh hasil jadi software tersebut sebelum
dibeli oleh pengguna. Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP,
Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.
Ketiga, propietary software. Intinya, propietary software itu
hampir sama dengan barang yang bisa kita beli di pasar. Jika kita ingin
menggunakannya, kita harus membelinya. Propietary software sangat dibatasi oleh
hak cipta. Kita tidak diperkenankan mendistribusikan kembali, mengotak-atik
program, dan software ini tidak disertai dengan kode sumber.
Jenis keempat yang mulai populer adalah open source software.
Berbeda dengan jenis software sebelumnya, open source software memberikan
kebebasan kepada kita untuk menggunakan, mengubah sesuai dengan kebutuhan, dan
medistribusikan kembali, baik software aslinya maupun yang telah kita ubah.
Biasanya software yang bersifat open source menyertakan kode sumber dalam
pendistribusiannya. Tujuan pembuatan open source software biasanya bukan untuk
tujuan komersil, namun lebih ke tujuan sosial bagaimana sebuah software bisa
bermanfaat bagi para pengguna.
IDENTIFIKASI JENIS-JENIS SOFTWARE
APLIKASI
1)
Sistem Operasi
Sistem
operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer pada saat
booting sebagai dasar pengoperasian komputer.
Terdapat
2 jenis sistem operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user
interface) yaitu yang berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI
(Graphical User Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk
Operating Sistem) dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau
konsol. Sedangkan sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x,
2000, NT, XP, serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
2) Program
Bantu dan Program Tambahan
Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan
untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi
yang terhapus. PC Tools dan Norton 2
Utilities merupakan contoh dari program ini. Salah satu dari
kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem jaringan. Oleh karena itu
beberapa perusahaan membuat program tambahan yang dapat mengubah sistem DOS
tersebut (single user atau stand alone system) menjadi sistem operasi yang
dapat digunakan oleh banyak pemakai (multiuser). Netware, Token R ing dan
Lantastic merukan contoh-contoh program ini.
3)
Bahasa Komputer (Computer Language)
Computer Language merupakan bahasa yang digunakan untuk
membuat program komputer. Disebut bahasa karenacomputer language memiliki kosa
kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemakainya.
Ada pula
beberapa tipe software, diantaranya :
a. Software
Games
Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau
hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut
seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action
games, roleplaying games, and game petualangan.
b. Software
Driver
Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi
dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
c. Software
Pendidikan
Berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan
ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang
berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya
seperti kimia.
d. Media
player dan pengembangan software media lainnya –
Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit
media digital seperti file music atau video.
e. Software
Produktifitas
Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif
baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya.
Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Words), Software
pengatur database, software presentasi dan beberapa software lainnya.
f. Operating
sistem
Software yang merupakan sumber dari software lainnya yang
dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software
operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux, Apple, Machintos
dll, dan pada software inilah program aplikasi lainnya di install.
g. Software
Aplikasi
Software yang diinstal pada komputer yang sesuai dengan os
yang ada, dimana software aplikasi ini diinstal sesuai dengan kebutuhan User
(Pengguna) contohnya, MS Office (Ms Word, Ms Excell, Ms Power Point dll),
Software Grafis (Adobe Photoshope, Corel Draw, Autocad dll)
h. Software
Program
Software yang berfungsi untuk membuat aplikasi-aplikasi
program (Membuat Program baru) seperti program Games, Program data Base,
Program Web dll, Contoh Software Program : Visual Basic, Cobol, C++, Program
PHP dll
i. Software
Aplikasi Tools
Program-program yang berfungsi untuk mempercepat,
memperbaiki, dan mempermudah pengoperasian computer
B.HARDWARE
1.
Pengertian Hardware
Pengertian dari hardware atau dalam
bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah
satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba
secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi.
Batasan antara perangkat keras dan lunak sedikit buram;
firmware adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat
keras. Firmware ini merupakan wilayah dari programer komputer dan teknik
computer.
2 Jenis –
Jenis Perangkat Keras (Hardware)
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang
merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja
sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi,
akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik.
Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
·
input
divice (unit masukan)
·
Process
device (unit Pemrosesan)
·
Output
device (unit keluaran)
·
Backing
Storage ( unit penyimpanan)
·
Periferal
( unit tambahan)
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk
memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna
menghasilkan informasi yang diperlukan.
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu
pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf,
angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka
file
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan
notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat
digunakan sebagai pengganti mouse
e. Joy Stick
dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy
Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk
kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer
2. Proses
Device
1.)
Processor Alat ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan
bagian yang sangat penting dalam komputer. Kehandalan suatu komputer dapat
dilihat dari processor yang digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4,
AMD, Centrino dan Core Duo. Semakin tinggi tingkatan processor-nya semakin baik
fungsi komputer tersebut.
2.) Register Register merupakan jenis memori
yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor. Register
merupakan memori yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan
memori utama. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang
diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu
giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.
3.) Cache memoriMerupakan memori yang dapat
meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
4.) ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU
berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori,
mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat
yang permanen atau tetap (non volatile)
5.) RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis
jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile).
3. Output
Device
a.Monitor
Monitor
merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer.
Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah.
b. Printer
Printer
adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke
media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi
d. Speaker
Speaker akan
memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui
komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion
online
4. Backing
Storage
1. RAM (
Random Access memory)
Digunakan sebagai memori baca tulis, artinya dapat diisi dan
isinya dapat dibaca kembali
2. ROM (Read
Only Memory)
Digunakan
untuk menyimpan urutan instruksi tertentu yang sering digunakan sehingga lebih
efisien jika selalu tersedia di memori. Contoh BIOS (Basic Input Output System)
3. BUS
Data
biasanya ditransfer antara penyimpanan utama dan prosesor melalui perangkat (bus)
yang secara efektif berarti pengirim beberapa (banyak) bit data secara
parallel.
4. Memory
Cache
Area
penyanggaan temporer untuk data yang sedang diakses berulang-ulang dan untuk
lewat semua data serta instruksi.
5. Periferal
·
Lightpen
Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya
memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga
mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.
·
Trackball
Fungsinya sama persis dengan mouse,
hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan
kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang
kita inginkan.
·
Joypad/Gamepad
Fungsinya sama dengan joystick hanya
bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya
banyak terdapat tombol-tombol
C.BRAINWARE
1.Pengertian
brainware
Pengertian Brainware adalah orang yang
menggunakan atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer. Sedangkan beberapa
contoh brainware adalah programer, netter, dan para pengguna komputer lainnya.
Brainware sering juga
disebut sebagai perangkat intelektual yang memakai dan menjelajahi kemampuan
hardware (perangkat keras) ataupun software (perangkat lunak). Pengguna
komputer biasa disebut dengan user, mereka dibagi menjadi beberapa macam,
Berikut ini adalah contoh
brainware:
1.
Programer: orang yang punya
kemampuan dalam bahasa pemorograman, sering berperan sebagai membuat program
yang diperlukan pada sistem komputerisasi.
2.
Administrator: orang
yang bertugas mengelola sebuah sistem operasi dan program yang digunakan pada
komputer atau jaringan komputer.
3.
Operator: orang yang menjalankan
sistem operasi dan program dalam perangkat komputer, misalnya merawat sistem
operasi komputer, menyiapkan data untuk diakses, dan lain-lain.
Dalam sistem komputer, brainware menjadi hal yang sangat penting
dan tidak dipisahkan dari hardware dan software. Mengapa demikian? Hardware di
dalam komputer tidak bisa dijalankan tanpa adanya software, sedangkan tanpa
adanya brainware maka software dan hadware tidak bisa berjalan.
Pengertian brainware dalam dunia
komputerisasi dikenal sebagai seseorang yang terlibat dalam pengoperasian serta
pengaturan sistem yang ada dalam perangkat komputer.
Namun, dalam dunia Bisnis dan pengembangan perusahaan,
brainware adalah seseorang maupun sekelompok orang yang memiliki kemampuan
intelektual untuk mengeksplorasi jaringan sistem informasi manajemen.
Secara umum, brainware dalam sistem informasi manajemen
bisnis diperlukan untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk kelangsungan
organisasi atau perusahaan dalam hal kompetisi. Hal ini karena sistem informasi
memainkan peranan penting dalam menghadapi persaingan bebas.
Brainware adalah orang yang memiliki, membangun, mengawasi
dan mengendalikan sistem informasi dalam organisasi atau bisnis. Untuk mencapai
tujuan dalam sebuah bisnis yang diimplementasikan dalam perusahaan, membutuhkan
beberapa komponen berikut ini yang harus ada sebagai pendukung manajemen sistem
informasi guna meningkatkan kemampuan untuk bersaing dengan kompetitor.
Komponen-komponen
brainware yang harus ada dalam perusahaan mencakup:
1. Sistem
Analis
Seseorang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan
penelitian di dalam memilih perangkat lunak beserta dengan kebutuhan yang
sesuai dengan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang analis harus memiliki
keahlian seperti manajerial, teknis, analisis dan interpersonal.
2. Progammer
Seseorang yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam
menguasai salah satu atau lebih bahasa pemograman dalam dunia komputerisasi. Progammer
bertugas untuk membuat dan mempersiapkan program-program yang dapat mendukung
sistem komputer yang akan atau telah dirancang. Progammer penting jika saja
terjadi hack terhadap database perusahaan.
3.
Administrator
Seseorang yang memiliki tugas dan kemampuan untuk mengelola
suatu sistem operasi beserta program yang dijalankan pada sebuah komputer
maupun jaringan dalam perusahaan. Ada juga yang disebut dengan database
administrator yang bertanggung jawab langsung terhadap sistem database
perusahaan yang tugasnya mengatur, mengelola dan menyimpan sebagai arsip
perusahaan yang tidak boleh hilang.
4. Konsultan
Seorang brainware yang memiliki pengetahuan dibidang
komputerisasi namun biasanya tidak berperan untuk menangani secara langsung,
hanya sebagai penasehat yang handal. Bisnis atau perusahaan memerlukan komponen
ini untuk mencari solusi terkait cara manajemen sistem informasi yang tepat dan
meminimalisir terjadinya data yang tidak dikelola dengan baik.
5. Project
Manajer
Seorang komando atau pemimpin dari suatu project tertentu.
Biasanya juga disebut sebagai mandor. Dalam sebuah bisnis tentu saja ada
beberapa project yang dipimpin oleh seorang project manajer. Komponen ini
penting sebagai bentuk pengendalian dan pengawasan.
Braiware memiliki peranan langsung terhadap keoptimalan dalam
hal manajemen informasi suatu bisnis yang sedang berkembang. Beberapa peran
seorang brainware dalam bisnis antara lain:
Sebagai unit manajemen terhadap segala hal yang berkaitan
dengan database dalam komputer. Perusahaan atau bisnis harus memiliki komponen
brainware sebagai sekelompok orang yang akan mengelola manajemen informasi
perusahaan.
Sebagai pengendali dan pengawasan terhadap jaringan
komputerisasi di dalam perusahaan. Tidak adanya peran brainware dapat berakibat
pada kurangnya pengawasan terhadap database perusahaan dan meningkatkan
kemungkinan data diretas oleh kompetitor.
Seorang pemimpin perusahaan termasuk brainware, yakni sebagai
otak atau CPU-nya perusahaan untuk mengendalikan kearah mana perusahaan akan
dibawa. Pemimpin yang tidak memiliki kapasitas dibidangnya bisa menyebabkan
perusahaan salah arah atau berjalan di tujuan yang menyimpang. Tentu ini akan
berakibat buruk bagi kelangsungan perusahaan.
Komponen brainware terutama manajer perusahaan berpengaruh
paling signifikan terhadap pelaksanaan sistem manajemen untuk menghasilkan
sistem informasi yang akurat dan berguna bagi kelangsungan perusahaan.
Dalam sebuah perusahaan bisnis yang sedang berkembang,
komponen brainware harus diupayakan untuk dimiliki sebagai langkah untuk menuju
keteraturan sistem informasi manajemen. Sistem informasi yang baik menghasilkan
informasi-informasi yang bermanfaat secara langsung terhadap perkembangan
perusahaan beserta keamanannya.
BAB II
I.DAFTAR PUSTAKA
0 komentar: